Cara membuat file koneksi ke database dengan PHP

Database MySql

Database adalah salah satu bagian penting dalam membangun sebuah website yang kompleks dan dapat menyimpan berbagai jenis data. disini kita menggunakan database mysql.

kali ini saya akan sharing mengenai cara mengkoneksikan/menghubungkan antara database MySql dengan website yang akan kita bangun nantinya dengan menggunakan php.

Kenapa harus menghubungkan Database dengan Website kita ?

pikirkan jika kita ingin membangun website besar yang kompleks dan dapat menyimpan berbagai jenis data, maka kita harus mempunyai database untuk menyimpan data-data tersebut yang disimpan dalam bentuk tabel-tabel.

Pertama anda harus membuat file dengan nama dbconfig.php ( anda bisa menggantinya dengan nama yang anda inginkan ), kemudian isi file tersebut dengan code berikut ini.

[php title=”dbconfig.php”]
<?PHP
$conn = mysql_connect("localhost","root","") or die(mysql_error());

//Pilih database
$selectDB = mysql_select_db("db_databaseku") or die(mysql_error());
if (!$selectDB){
echo "gagal terkoneksi";
}
?>
[/php]

[hr]

mari kita mulai membahas code di atas perbagian/baris, biar tau fungsi dari  masing-masing bagian code tersebut.. semangat Cara membuat file koneksi ke database dengan PHP

[php title=”baris 1″]
$conn = mysql_connect("localhost","root","") or die(mysql_error());
[/php]

$conn = ini merupalan sebuah variabel untuk menyimpan nilai dari  mysql_connect(“localhost”,”root”,””) or die(mysql_error());

sebuah variabel dalam php di lambangkan dengan simbol $, jadi $conn ini dapat kita ganti dengan nama apa saja sesuai dengan keinginan kita tapi harus di awali dengan simbol $.

mysql_connect :  ini adalah fungsi untuk menghubungkan dengan Database.

“Localhost” : ini di isi dengan nama server kita, yaitu localhost.

“root” : isi dengan Username dari Database yang kita buat, jika anda menggunakan localhost defaultnya adalah root 

“” : isi bagian kosong ini dengan password dari Database anda, untuk hosting berbayar biasanya kita harus memasukkan password untuk setiap database yang kita buat, namun untuk localhost cukup di kosongkan saja.

or die(mysql_error()); : ini adalah fungsi alert jika koneksi ke database gagal atau ada kesalahan dalam pengisian nama server, username atau password.

[hr]

[php title=”baris ke 2″]
$selectDB = mysql_select_db("db_databaseku") or die(mysql_error());
[/php]

$selectDB : ini tidak jauh beda dari $conn tadi jadi sebagai variabel yang menyimpan nilai dari 

“db_databaseku” : isi dengan nama database yang telah di buat.

[php title=”baris ke 3 & 4″]
if (!$selectDB){
echo "gagal terkoneksi";
[/php]

if (!$selectDB){ :  jadi disini kita memakai fungsi if,  jadi code tersebut bisa kita baca jika tidak $selectDB, jadi simbol “!” ini menyatakan “tidak/gagal” , jadi jika selectDB itu gagal maka akan masuk ke langkah berikutnya yaitu munculkan teks “Gagal Terkoneksi”. 

selamat anda sudah menyelesaikan file koneksi ke database  tepuktangan Cara membuat file koneksi ke database dengan PHP

[hr]

Udah nih cuma gini aja..? 

ternyata belum, untuk memanggil file dbconfig.php tadi agar kita terkoneksi ke Database perlu dilakukan langkah pemanggilan file, inilah kemudahan dari php yang bisa memanggil file, jadi bisa memperkecil coding.

misalkan kita mempunyai file dengan nama index.php, dan kita menginginkan adanya koneksi ke dalam database. lihat contoh di bawah

[php title=”index.php”]

<html>
<head>
<title>website saya</title}
</head>
<body>
</body>
</html>

[/php]

untuk mengkoneksikan file tersebut kita tinggal memanggil file dbconfig.php tersebut ke dalam file index.php dengan sedikit code, berikut file yang sudah terkoneksi

[php title=”index.php”]
<php require (‘dbconfig.php’); ?>
<html>
<head>
<title>website saya</title}
</head>
<body>
</body>
</html>

[/php]

jadi dapat dilihat ada tambahan baris [highlight]<php require (‘dbconfig.php’); ?>[/highlight], dengan catatan file dbconfig.php sejajar dengan file index.php ( berada pada satu folder ).

dengan terkoneksi ke dalam database website anda memiliki kemampuan lebih yaitu dapat menyimpan data dalam bentuk table dan kemudahan lainnya.

sekian sharing saya tentang membuat file koneksi semoga bermanfaat  kembang Cara membuat file koneksi ke database dengan PHP

salam,

sign Cara membuat file koneksi ke database dengan PHP

Tagged on: , ,

4 thoughts on “Cara membuat file koneksi ke database dengan PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">


Login

Lost your password?